TEKNIK PENYUSUNAN INSTRUMEN UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN EKONOMI SYARIAH

Main Article Content

Purwanto Purwanto

Abstract

Sebagai wujud pengembangan diri penulis sebagai salah satu pengajar di STAI Al Husain Magelang, penulisan buku ini merupakan bentuk dari pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi yaitu Penelitian. Penulis sangat termotivasi untuk menulis buku dengan judul “Teknik Penyusunan Instrumen, Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah” ini karena dalam rangka mendukung STAI Al Husain Magelang khususnya Prodi Ekonomi Syariah untuk mewujudkan visi nya yaitu “Unggul dalam pengembangan kajian ekonomi syariah yang berlandaskan Keilmuan dan Keindonesiaan”. Jadi dengan tersusunnya buku ini diharapkan para dosen dan mahasiswa mendapat kemudahan dalam proses melakukan penelitian dan pada akhirnya dapat mewujudkan misi STAI Al Husain yaitu “Unggul dalam Pengembangan Kajian Keilmuan dan Keislaman yang Berwawasan Keindonesiaan”. Buku ini dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya di seluruh Indonesia, khususnya dalam menyusun instrumen uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ekonomi syariah. Hal ini dikarenakan instrumen penelitian sangat menentukan dalam keberhasilan dalam mendapatkan data yang berkualitas. Instrumen yang berkualitas perlu diuji kevalidtan dan reliabilitasnya. Instrumen penelitian yang tidak valid dan reliabel tentunya tidak akan dapat menghasilkan data yang akurat. Jadi valid dan reliabel merupakan “nyawa” dalam melakukan penelitian ekonomi syariah terutama dalam penelitian kuantitatif. 

Article Details

Section
Artikel

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
________, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, S. 2016. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Croasmun, J.T dan Ostrom L. 2011. “Using Likert-Type Scales in the Social Sciences”, Journal of Adult Education, Vol 40, No 1; 19-22
Depdikbud.1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta
Djakfar, M. 2008. Etika Bisnis Islami: Tataran Teoritis dan Praktis. Malang: UIN-Maliki Press
Ferdinand A. 2014. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Undip Press
Idrus M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Edisi 2. Jakarta: Erlangga
Mohammed, M.O dan Taib, F.M.D. 2015. “Developing Islamic Banking Performance Measures Based On Maqasid Al-Shari’ ah Framework: Case of 24 Selected Banks”, Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, Vol 1, No 1; 55-77
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Parasuraman, dkk. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 No 1; 12-37
Riduwan dan Kuncoro E.A. 2011.Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Risnita. 2012. “Pengembangan Skala Model Likert”. Jurnal Edu-Bio. Vol 3; 86-98
Singarimbun, M dan Effendi, S. 2016. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
________. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung
________. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni,V.W. 2008. Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi & Umum. Yogyakarta: Global Media Informasi
Sukmadinata, N.S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Widhiarso, W. 2010. “Pengembangan Skala Psikologi : Lima Kategori Respons ataukah Empat Kategori Respons ?”, diakses dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_-_respon_alternatif_tengah_pada_skala_likert.pdf
Wijanto, S.H. 2008.Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 Konsep dan Tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wiyono, Gendro. 2011. Merancang penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN