Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Pekalongan

Main Article Content

Nur Kholidah Muhammad Arifiyanto

Abstract

Gaya hidup halal belakangan ini memang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk halal yang ikut berkembang di Indonesia yaitu produk kosmetik. Adanya fenomena tersebut berdampak kepada meningkatnya pembelian kosmetik halal. Dengan semakin banyaknya perusahaan kosmetik yang muncul di Indonesia maka persaingan dalam bisnis kosmetik semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan agar tidak ditinggalkan konsumen, para produsen harus mengikuti faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi karakteristik  responden, dan (2) menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal di Pekalongan. Penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan Net  Promoter  Score (NPS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada  tiga kelompok faktor baru keputusan pembelian kosmetik halal yaitu  faktor  individu, konsep  diri  dan  sosial-budaya. Sebanyak 42% responden cenderung  akan merekomendasikan produk kosmetik yang dipakainya kepada orang lain.

Article Details

Section
Articles

References

Aiedah et al. (2016). A Descriptive Analysis Of The Generation Y Perceptions On The National Halal Certification Malaysia [jurnal]. Australia (AU): Asia Pacific Institute of Advanced Research (APIAR).
Hasyim, H.F. HS, Purwanto, Labib, A & Sholikhah, M. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan dalam Niat Pembelian Konsmetik Halal: Studi Pada Mahasiswa di Kabupaten Magelang, 3 (2), 71-78
Huda, Muhammad Miftakhul. (2017).”Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, dan Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah”.Skripsi.Salatiga:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Salatiga.
Indraswari, et al. (2018). Analisis Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Kota Bogor. Journal of Applied Business and Economic , 5 (2), 141-162.
Jefryansyah dan Muhajirin. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. TARGET Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2 (1)
Kotler P, Armstrong G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Majid, M. B., Sabir, I., & Ashraf, T. (2015). Consumer Purchase Intention towards HalalCosmetics & Personal Care Products in Pakistan. Global Journal of Research in Business& Management, 1(1), 47-55
Nawawi, M. T. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Makanan dan Minuman Halal di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 72-80.
R. H. Hakim, and I. Idris. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memnpengaruhi Kepercayaan Konsumen Serta Impilkasinya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Go-Ride di Kota Bandung). Diponegoro Journal of Management, 6 (1), 229-239.
Ria Yunita Dewi, Yulianeu, Andi Tri Haryono, Edward Gaga. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.com). Jurnal Universitas Pandanaran, 3 (3).
Riduwan dan Sunarto. (2011). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan , Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sadzalia, S. (2015). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Sigma Research Indonesia. (2017). Tren dan Perilaku Pasar Kosmetik Indonesia Tahun 2017. Tersedia pada: http://sigmaresearch.co.id/trend-dan-perilaku-pasar-kosmetik-indonesia-tahun-2017.
Simamora B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siyamtinah dan Hendar. (2015). Meningkatkan Pembelian Ulang Melalui Kepercayaan dan Kepuasan Pada Pembelanjaan Online. ISSN 2302 – 9791 Vol.2 No.1 Semarang.
Sujarweni, V. Wiratna. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Trihendradi. (2011). Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 19. Yogyakarta: ANDI.
Warto dan Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2 (1), 98-112.
Widarjono A. (2015). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Zulkarnain M. (2014). Tapping into the Lucrative Halal Market: Malaysian SMEs Perspective. International Journal of Business and Innovation. 1(6), IRC Publishers.