Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Badrus Zaman

Abstract

Abstrak


Pada perkembangannya model, pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI khususnya di lembaga pendidikan formal hanya bersifat operasional dan teknis sehingga materi pembelajaran PAI mengalami involusi atau penyampaian materi PAI bersifat statis dan menoton. Mestinya pendekatan, strategi, dan metode PAI harus saling berkaitan dengan visi, materi, kurikulum, sarana-prasarana, dan evaluasi pendidikan agar mendapatkan kualitas yang optimal, sehingga pembelajaran PAI yang dilakukan di lembaga pendidikan formal maupun nonformal mampu memberikan landasan teoritik mengenai konsep PAI sehingga pembelajaran PAI mengalami perkembangan dan transformasi ke arah yang lebih baik. Model penelitian ini adalah library-research, data penelitian dari sumber primer dan data sekunder. Kemudaian data-data ini diolah degan analisa konsep. Kesimpulan penelitian ini adalah aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran PAI dapat dilihat dalam 8 kunci keunggulan yang ada pada Quantum Teaching, 8 kunci itu menyediakan cara yang bermanfaat untuk mendapatkan keselarasan dan kerjasama. 8 kunci itu memasang kerangka kerja bagi lingkungan yang saling mendukung dan mempercayai dimana setiap peserta didik dihargai dan dihormati. Sehingga belajar bisa berlangsung tanpa adanya sebuah ancaman. 8 kunci keunggulan itu adalah: Integritas (kejujuran), kegagalan awal kesuksesan, berbicaralah dengan niat baik, hidup disaat ini, komitmen, tanggung jawab,  sikap luwes (fleksibel), keseimbangan.


 

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Andrioza dan Badrus Zaman, (2016). Edutainment dalam Mapel PAI. Jurnal Mudarrisa Vol. 8, No. 1.
Agus Supramono. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan Vol. 4 No. 2.
Bobbi De Porter, dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Erwin Widiasworo. (2017). Strategi & Metode Mengajar Peserta didik di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Esti Mulyanisngsih, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA untuk Peserta Didik Kelas III SD Negeri Poncowarno Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Kalam Cendekia, Vol. 5, No. 1.
Husniyati Yahya. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek. Vol. 5, No. 1.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, (2004). Pendidikan Agama Islam berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya
M. Bisri Djalil. (2015). Paradigma, Prinsip, dan Aplikasi Quantum Learning dan Quantum Teaching dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi. Vol. 1, No. 2.
Mukaffan, (2013). Trend Edutainment dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Tadris, Vol. 8, No. 2.

Miftahul A’la. (2010). Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis), Yogyakarta: Diva Press
. (2011). Quantum Teaching. Jogjakarta: DIVA Press.
Nurhasanah. (2016). Menerapkan Prinsip Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Vol. 5, No. 3.
Nuryati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Negeri 24 Pekanbaru. Vol. 4. No. 2.
Reni Handayani. (2011). Quantum Teaching dan Penerapannya dalam Pembelajaran, Jakarta: UNJ
Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Yekti Prasetyani, dkk. (2012). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Konvensional dalam Hasil Belajar Peserta didik. Economic Education Analysis Journal 1, Vol. 2. No. 3.
Zuhairini, (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Press