Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

KETENTUAN UMUM

Redaksi Wahana Islamika, menerima naskah dari para peneliti, praktisi atau stakeholder lain yang memiliki minat dalam kajian studi Islam baik dalam bidang ekonomi, pendidikan dan ilmu Al-Quran dan Tafsir. Naskah yang dikirimkan harus orisinal dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal atau berbagai media lainnya.  Penulisan harus menggunakan bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia disertai abstrak dan kata kunci. Redaksi Wahana Islamika berhak menyunting naskah tanpa mengurangi maksud dari naskah yang dikirim. Redaksi Wahana Islamika tidak berkewajiban mengembalikan naskah, manakala naskah yang dikirim tidak memenuhi kriteria dari dewan redaksi Wahana Islamika untuk dipublikasikan.

Isi naskah sepenuhnya merupakan tanggungjawab penulis. Pengiriman naskah harus disertai dengan surat resmi dari penulis, khususnya menyangkut pertanggungjawaban penulis atas legalitas isi naskah. Naskah yang dikirimkan berbentuk softcopy dalam bentuk Microsoft Word (.doc atau .docx) melalui sistem atau dapat juga melalui e-mail redaksi:  wahanaislamika02@gmail.com

Penulis harus memastikan bahwa bahwa naskah yang dikirimkan adalah hasil karya asli yang asli atu orisisinil, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Dewan redakaksi Wahana Islamika akan menggunakan plagiarism checker untuk memastikan keaslian dari naskah yang dikirim. Selanjutnya, setiap artikel yang diajukan harus disertai dengan surat pernyataan dari penulis yang menyatakan bahwa artikel tersebut bebas dari plagiarisme.

Penulis diharuskan menyertakan biodata singkat yang meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, pekerjaan, alamat lengkap tempat tinggal dan alamat lengkap tempat bertugas, disertai nomor telepon, fax, e-mail untuk kepentingan korespondensi.

 KETENTUAN KHUSUS

Seluruh bagian dari naskah tulisan, mulai judul hingga sumber bacaan diketik dua spasi dengan jumlah 15-20 halaman dengan menggunakan font Book Antiqua 12 pt dengan format rata kiri kanan. Ukuran margin kiri dan atas 4 cm serta kanan dan bawah 3 cm. Naskah di ketik pada kertas A4.

Penulisan naskah dilakukan dengan sistematika berikut:

Judul. 
Judul artikel harus spesifik dan efektif. Judul sebaiknya tidak melebihi 14 kata bagi yang menggunakan bahasa Indonesia, sehingga dalam sekali baca dapat ditangkap maksudnya secara komprehensif.

Nama dan Lembaga Penulis. 

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademis atau indikasi jabatan dan kepangkatan. Lembaga penulis merupakan tempat pemegang hak kepemilikan atas tulisan atau tempat dimana penulis berafiliasi. Alamat korespondensi penulis ditulis secara jelas beserta dengan e-mail yang aktif. 

Abstraks. 
Abstrak merupakan intisari pokok bahasan dari keseluruhan naskah. Ditulis dalam satu paragraf dengan dua bahasa, yaitu Indonesia – Inggris. Abstrak terdiri dari maksimum 250 kata di mana sekurang-kurangnya memuat: latar belakang kajian, tujuan penulisan, metode penelitian yang digunakan, dan hasil serta kesimpulan yang dicapai. 

Kata Kunci.

Kata kunci adalah kata-kata yang dipilih secara cermat sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung dalam artikel. Kata kunci ditulis di bawah abstrak, antara tiga hingga lima kata.

Pendahuluan. 
Bagian pendahuluan merupakan bahasan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan hipotesis (kalau ada)

Kajian Literatur. 

Kajian literatur memuat penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik yang ditulis. Selain itu, bagian juga memuat landasan teori yang dipakai untuk membangun konsep penelitian.

Metodologi.

Bagian ini berisi tentang jenis penelitian, metode pengumpulan data, populasi dan penentuan sampling serta metode analisis data.

Hasil penelitian/kajian. 

Bagian yang merupakan inti dari hasil-hasil penelitian, meliputi deskripsi data dan analisis hasil penelitian. Penggunaan grafik dan tabel hendaknya dibatasi jika masih dapat disajikan dengan tulisan secara singkat.

Pembahasan. 
Bagian ini merupakan interpretasi penulis terhadap bahasan hasil dan analisis penelitian. Pembahasan dilakukan secara mendalam dan fokus dengan menggunakan acuan teori.

Penutup. 
Merupakan bagian terakhir dari keseluruhan naskah yang meliputi kesimpulan dan saran

Kutipan. 
Wahana Islamika menggunakan teknis in-note atau body note (catatan dalam teks), dengan menggunakan style APA 6th full-name. Dalam membuat kutipan, sangat disarankan menggunakan software (seperti Mendeley, Endnote, Zotero, dan sebagainya). Contoh kutipan adalah sebagai berikut: “...... (Purwanto, 2017)”, “Mustofa (2014) mengatakan………..”, atau …………(Hasyim & Mustofa, 2013), dsb. Untuk lebih jelasnya dapat dipelajari dalam link ini

https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/01/

Daftar Pustaka. 

Di bagian akhir tulisan, penulis mencantumkan Daftar Pustaka yang memuat daftar buku yang dirujuk di dalam teks (sesuai innote). Sumber rujukan disarankan merupakan terbitan 10 tahun terakhir. Karya klasik yang relevan dapat diacu sebagai sumber masalah tapi tidak untuk pembandingan pembahasan. Jika Penulisan Daftar Pustaka mengacu kepada ketentuan berikut:

  • Buku

Mustofa, A & Unggul,M. (2010). Reorientasi Ekonomi Syariah. Yogyakarta: UII Press

Saifudin, A (2014). Doa Doa Pilihan Dzikir Setelah Shalat. Yogyakarta: Saufa Kids

  • Jurnal Ilmiah

Purwanto. (2017). Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Disparitas Pendapatan di Indonesia Tahun 2015-2016. Jurnal Cakrawala, 12 (1), 13-27.

Hasyim, A. F. (2015). Agama dan Lokalitas: Harmoni Sosial Berbasis Agama dan Kearifan Lokal di Desa Sempaten, Ampel Boyolali. Wahana Islamika, 1 (1), 1-18

Wibowo, E.S., & Syaichu, M. (2013). Analisis Pengaruh Suku Bunga, Inflasi, CAR, BOPO, NPF Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Diponegoro Journal Of Management, 2 (2), 1-10

Sofyani, H.,Ihyaul U., Daniel S., & Sri, W.L. (2012). Islamic Social Reporting Index Sebagai Model Pengukuran Kinerja Sosial Perbankan Syariah (Studi Komparasi Indonesia Dan Malaysia). Jurnal Dinamika Akuntansi, 4 (1), 36-46

  • Buku yang di edit

Bjork, R.A. (1988). Retrieval Inhibition as an Adaptive Mechanism in Human Memory. In H.L. Roediger III & F.I.M. Craik (Eds), Varieties of Memory & Consciousness (pp. 309-330). Hil-lsdale, NK: Erlbaum.

  • Tesis dan disertasi

Purwanto. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Bank Syariah dan  Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia Tahun 2010-2012. Tesis. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FIAI Universitas Indonesia

  • Jurnal versi on line

Mustofa, A. (2015). Riba dan Problematikanya dalam Ekonomi Islam. [Electronic version]. Wahana Islamika, 1 (1), 119-144

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.